"Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru"

"Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru" - Hallo sahabat Androkomp.net, Pada pada artikel kali ini yang berjudul "Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru", saya akan membagikan sedikit tips, trik dan info sedikit yang berkenaan dengan "Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru", baiklah silahkan membaca / mendownload artikel di bawah ini

"Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru"

lihat juga


"Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru"

Artikel Info,

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Kepentingan politis lebih menonjol dalam rencana pemindahan kantor sekretariat Pemprov Lampung ke kompleks Kota Baru pada bulan April 2014, ketimbang kepentingan teknis administratif pemerintahan. Pemindahan sejatinya belum siap untuk dilakukan, dan jika tetap direalisasikan, layanan pemerintahan kepada masyarakat diprediksi bakal terganggu.
Hal ini dikatakan Kepala Pusat Studi Kota dan Daerah (PSKD) Universitas Bandar Lampung (UBL) IB Ilham Malik kepada Tribun, Minggu (8/12/2013).
"Secara politis pemindahan kantor bisa saja dilakukan bulan April. Tapi secara teknis tidak mungkin. Kalaupun dipaksakan pindah, layanan publik pasti akan terganggu," kata Ilham.
Dia mengatakan, banyaknya pekerjaan infrastruktur, seperti gedung dan jalan, yang belum selesai menandakan ketidaksiapan pemprov dalam menjalankan proyek pembangunan Kota Baru. Padahal, pemindahan pusat pemerintahan harus dilakukan secara matang agar tidak menimbulkan masalah di lapangan.
"Kalau pindah sekadar pindah buat apa. Pelayanan pasti akan jauh lebih buruk dibanding pelayanan di kantor lama karena para pegawai akan fokus pada kegiatan boyongan, memindahkan barang-barang dari kantor lama, membereskan berkas-berkas, mengatur ruang, dan sebagainya," ungkap Ilham.
Menurut Ilham, sebelum memutuskan pindah ke kantor, pemprov seharusnya menyelesaikan dahulu pekerjaan infrastruktur, terutama akses jalan dan gedung perkantoran. Dengan begitu, setelah proses pindah selesai, masyarakat tidak kesulitan mengakses layanan pemerintahan dan administrasi.
"Masa iya, pemindahan pusat pemerintahan tapi yang pindah kantor hanya gubernur dan sekda-nya?" kataya.
Ilham melanjutkan, proyek pembangunan Kota Baru yang awalnya digadang-gadang bakal dikerjakan dengan konsep, paradigma, dan metode baru, ternyata tidak berjalan sesuai rencana. Dalam praktiknya, proses pembangunan masih menggunakan paradigma lama, baik secara teknis, maupun proses penganggaran.
"Saya tidak melihat ada yang baru dalam proses pembangunannya. Lihat saja pembangunan infrastrukturnya, gedungnya. Tembok belum semua terpasang, jalan masih terputus. Bulan April mau pindah tapi sampai sekarang belum selesai dikerjakan. Anggaran untuk pembangunan 2014 juga baru diajukan," kata sosen Fakultas Teknik UBL ini.
Dia menjelaskan, jika proses penganggaran masih menggunakan tata cara lama, bisa dipastikan, pengajuan anggaran dari pemprov ke DPRD paling cepat mendapatkan persetujuan pada Desember-Januari, dan tender dilaksanakan Januari.
"Misalnya paling cepat tender Januari (2014). Pengerjaan baru bisa dilakukan Maret-April. Itu pun kalau bisa tender Januari. Kalau proses penganggaran seperti yang sudah-sudah, tender biasanya baru dilakukan Maret-April dan pengerjaannya Juli-Agustus," papar Ilham.
Dari sisi konsep, Ilham menyebut, pembangunan Kota Baru juga tidak mengusung konsep baru yang bisa membawa perubahan signifikan bagi pengembangan wilayah. Proyek ini justru menambah beban bagi pembangunan Kota Bandar Lampung yang telah padat penduduk dan diliputi kemacetan lalu lintas. "Bukannya mengurangi, malah menambah beban bagi kondisi Bandar Lampung yang sudah buruk," imbuhnya.(her)


Demikianlah Artikel "Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru"

Sekian Artikel "Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru", mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Androkomp.net kali ini semoga bisa bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel "Masa Cuma Gubernur dan Sekdanya yang Pindah ke Kota Baru" dan artikel ini url permalinknya adalah https://trajumas11.blogspot.com/2014/03/cuma-gubernur-dan-sekdanya-yang-pindah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,