Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu

Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu - Hallo sahabat Androkomp.net, Pada pada artikel kali ini yang berjudul Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu, saya akan membagikan sedikit tips, trik dan info sedikit yang berkenaan dengan Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu, baiklah silahkan membaca / mendownload artikel di bawah ini

Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu

lihat juga


Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu

Artikel Komputer, Artikel Tips dan Trik, Artikel Tutorial Ringan,

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Dua sistem operasi dalam satu laptop atau komputer merupakan hal yang sudah biasa. Namun, apakah anda tau cara melakukan instalasinya? Cek this out.
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pembagian space harddisk anda. Ibarat contoh disini saya menggunakan sistem operasi utama yaitu Windows 8. Hard disk di sistem operasi windows dapat anda atur menggunakan software, yang biasa saya gunakan adalah Easeus Partition Master (http://download.cnet.com/EaseUS-Partition-Master-Home-Edition/3000-2248_4-10863346.html). Ikuti cara instalasi Easeus dan jalankan program Easeus tersebut. Berikut langkah-langkah mengatur hard disk. (Perhatian : Baca dahulu sampai akhir, ini masalah data, penulis tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dari praktek yang anda lakukan) ;
1. Jika hard disk anda masih punya space kosong, persempit dengan cara menggesernya, klik tahan pada batas, dan geser.
Drag
maka, akan tampil partisi yang "unallocated",
Unallocated
2. Create partisi yang akan dijadikan partisi ubuntu. Klik kanan pada space "unallocated" tersebut kemudian pilih "Create",
Creat Partition
Create
Kemudian, tentukan nama untuk partisi tersebut, dan kemudian klik ok.
Tentukan Nama kemudian Klik OK
Klik OK
Kemudian pilih Apply,
Klik Apply
Klik Apply
Lakukan hal yang sama untuk membuat partisi SWAP. Biasanya 2 x RAM, untuk besar RAM kurang dari atau sama dengan 1 GB, untuk RAM lebih dari 1 GB, biasanya sama besarnya.
Pada tahap ini, telah diatur seberapa besar space hard disk yang akan digunakan untuk sistem operasi Ubuntu yang hendak diinstal. Selanjutnya lakukan instalasi Ubuntu seperti biasa. Perhatikan pada saat memilih partisi sebagai "root" dan "swap", jangan sampai anda menggunakan partisi Windows. Untuk lebih mengetahui bagaimana instalasi Ubuntu cek di blog saya yang lain.
Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu

Sekian Artikel Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Androkomp.net kali ini semoga bisa bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Persiapan Harddisk di Windows untuk Dual Boot dengan Ubuntu dan artikel ini url permalinknya adalah https://trajumas11.blogspot.com/2012/09/persiapan-harddisk-di-windows-untuk.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : , , ,