Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7

Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7 - Hallo sahabat Androkomp.net, Pada pada artikel kali ini yang berjudul Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7, saya akan membagikan sedikit tips, trik dan info sedikit yang berkenaan dengan Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7, baiklah silahkan membaca / mendownload artikel di bawah ini

Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7

lihat juga


Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7

Artikel Komputer, Artikel Tips dan Trik, Artikel Tutorial Ringan,

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Bagi pengguna dual boot Windows dan Ubuntu, tentunya harus tahu bagaimana caranya menghilangkan salah satu sistem operasi dalam sistem dual boot tersebut, intinya ada di "grub loader". Dalam contoh ini, saya hendak menghapus satu sistem operasi dari dual boot laptop saya yaitu sistem operasi Ubuntu.

Hal pertama yang perlu untuk diperhatikan adalah space hard disk yang digunakan untuk masing-masing sistem operasi. Space hard disk sistem operasi yang akan dihilangkan kemudian dikosongkan dan digabungkan dengan sistem operasi yang lain yang tidak dihapus. Menghapus artinya data yang ada dalam partisi tersebut hilang, maka dari itu sebelum melakukan penghapusan partisi, backup terlebih dahulu jika ada data yang penting dalam partisi yang hendak dihapus.

Seperti yang sudah pernah saya katakan, saya biasanya menggunakan Easeus Partition Master (http://download.cnet.com/EaseUS-Partition-Master-Home-Edition/3000-2248_4-10863346.html) untuk membagi, menghapus, menambah partisi dari space hard disk komputer atau laptop. Jalankan software tersebut dan jika anda menggunakan dua sistem operasi pada komputer anda maka akan tampil sebuah partisi dengan label "EXT4" (untuk Ubuntu Desktop, "EXT3" untuk Ubuntu Server) dan "Other" untuk SWAP. Partisi itulah milik sistem operasi lain (dalam hal ini Ubuntu tentunya).
Partisi Lain yaitu Ubuntu
Partisi Lain
AWAS!!! Berkaitan dengan data, baca dulu sampe selesai, baru anda praktekan.
Hapus kedua patisi tersebut, sampai menjadi "unallocated". Klik kanan, pilih delete. Setelah jadi "unallocated", tambahkan space tersebut ke partisi lain yang kira-kira anda butuhkan space yang lebih. Terserah anda.
Hapus Partisinya
Delete Partition
Jangan lupa untuk Apply setelah melakukan proses partisi dengan menggunakan Easeus tersebut. Kemungkinan anda akan diminta untuk shutdown (wajib), nah pada saat itulah anda tidak akan menemukan booting pada saat anda restart. Jangan panik. Siapkan CD instalasi Windows anda (dalam hal ini Windows 7).
Saya akan membagi cara bagaimana sih cara mengatasi "grub loader" yang hilang setelah menghapus partisi Ubuntu "Secara Kasar"? Caranya dengan menggunakan perintah FIXMBR. Perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut untuk bisa menggunakan Command Prompt pada saat recovery Windows.
Langkah Pertama
Langkah Pertama
Langkah Kedua
Langkah Kedua
Langkah Ketiga
Langkah Ketiga
Langkah Keempat
Langkah Keempat
Setelah anda dapat membuka Command Prompt, kita dapat memberikan perintah seperti ini :
bootrec /fixmbr
Kemudian
 bootrec /fixboot 
Kemudian "Shutdown", lalu nyalakan kembali. Jika boot windows tidak bekerja, mungkin anda perlu menambahkan ".exe" pada perintah "bootrec". Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7

Sekian Artikel Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Androkomp.net kali ini semoga bisa bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Menghapus Ubuntu dari Dual Boot dengan Windows 7 dan artikel ini url permalinknya adalah https://trajumas11.blogspot.com/2012/09/menghapus-ubuntu-dari-dual-boot-dengan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : , , ,