Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows

Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows - Hallo sahabat Androkomp.net, Pada pada artikel kali ini yang berjudul Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows, saya akan membagikan sedikit tips, trik dan info sedikit yang berkenaan dengan Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows, baiklah silahkan membaca / mendownload artikel di bawah ini

Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows

lihat juga


Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows

Artikel Komputer, Artikel Tips dan Trik, Artikel Tutorial Ringan,

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Hasil download kita akan terasa sia-sia jika kita cek md5sum file yang kita download tersebut tidak sama dengan yang asli. Padahal kita sudah susah payah mendownload file yang besar (biasanya kode md5sum untuk file-file yang besar) membagi bandwidth browsing yang kita gunakan dengan bandwidth yang dibutuhkan untuk proses download.

Seperti yang pernah saya alami, ketika mengunduh file ISO dari sistem operasi Ubuntu Server 10.04. Jika kode md5sum kita tidak sama dengan yang asli maka file tersebut terbilang corrupt, dan memang benar ketika saya instal prosesnya tidak berjalan dengan lancar bahkan berhenti di tengah jalan. 
Cara mengecek md5sum file yang telah kita download di operating sistem Ubuntu adalah dengan cara memberikan perintah di Terminal. Dengan cara seperti ini:
$ cd ~Desktop
$ md5sum(spasi)file_anda.
Maksud dari perintah baris pertama adalah untuk masuk ke "Desktop" dimana file disimpan. Atau mungkin anda menyimpannya di tempat lain, maka ubahlah perintah tersebut ke direktori dimana file anda disimpan. Misalkan file anda berada di desktop, tetapi dalam sebuah folder yang bernama "download", maka ketikkan:
$ cd /Desktop/download
Maksud dari perintah kedua adalah untuk mengecek md5sum file yang anda maksud. Jika file anda memang benar ada di Desktop seperti contoh diatas, maka pada perintah kedua ini anda tidak perlu bersusah payah menulisakan nama file anda kalau memang nama file anda agak ribet untuk ditulis ulang. Cukup ketikkan tiga huruf di depan dari nama file anda dan tekan TAB pada keyboard anda. Maka dengan otomatis akan menunjukkan file yang anda maksud. Jika ada file yang memiliki nama hampir sama dengan file yang anda maksud, maka terminal akan menunjukkan nama file yang hampir sama yang ada di direktori Desktop tersebut.
Contoh penggunaan perintah diatas:
$ cd ~Desktop
$ md5sum FreeBSD-8.1-RELEASE-i386-disc1.iso
Maka akan muncul md5sum dari file yang dimaksud. Cukup mudah bukan?
Bagaimana cara cek kode md5sum file di Windows?
Tidak sama seperti di Ubuntu, disini saya tidak akan memberi tahu bagaimana caranya mengecek md5sum dengan menggunakan Command Prompt yang ada di Windows, tetapi saya biasanya menggunakan sebuah software untuk dapat melakukannya. Saya menggunakan Md5Check.exe. Software ini bersifat Freeware.
Md5Check Versi 3.0
MD5Check ver 3.0
Cara menggunakan Md5Check:
  1. Browse file yang anda ingin cek md5sum-nya, pilih di direktori mana anda menyimpan file yang anda maksud.
  2. Kode md5sum akan ditampilkan dalam 'Compare MD5 Checksum'.
  3. Copy-paste kode md5sum asli dari file anda pada kolom putih.
  4. Tidak perlu repot mencocokan sendiri, karena akan ada pemberitahuan jika kode md5sum file anda cocok atau tidak cocok.
Browse File
Browse
Cek kode md5sum File
Kode md5sum
Kode Md5sum cocok
Cocok
Semoga membantu anda. Terima kasih.Bagaimana? Mudah bukan? Sangat mudah untuk melakukannya baik itu di Ubuntu maupun di Windows.


Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis.


Demikianlah Artikel Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows

Sekian Artikel Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Androkomp.net kali ini semoga bisa bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Cara Cek MD5SUM di Ubuntu dan Windows dan artikel ini url permalinknya adalah https://trajumas11.blogspot.com/2012/07/cara-cek-md5sum-di-ubuntu-dan-windows.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : , , ,
This Is The Oldest Page